×
Pusat Kajian Produk Halal UNMA Banten memiliki aplikasi android pecarian produk yang sudah bersertifikat halal. silakkan di download Apk Android PKPH

Paha Kambing Ternyata Bagian Paling Sehat, Disukai Rasulullah SAW

(PKPH, Jakarta)- Nabi Muhammad SAW diketahui suka makan daging kambing, paha adalah bagian favoritnya.  Paha kambing termasuk bagian yang lebih sehat dibandingkan bagian lainya. Hampir seluruh bagian kambing bisa dikonsumsi mulai dari kepala hingga kaki. Tapi banyak orang kerap menuding daging kambing sebagai biang kerok kolesterol. Eits, jangan salah karena ada bagian kambing yang diklaim lebih sehat.

Diriwayatkan oleh sahabat Rasulullah SAW, Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, beliau bercerita, "kami pernah bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah undangan. Kemudian dibawakanlah paha kambing, dan beliau menyukainya. Kemudian beliau menggigitnya satu gigitan." (HR. Bukhari 3340 & Muslim 501).

Rasulullah SAW juga memiliki alasan mengapa dirinya suka makan bagian paha kambing. An-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menukil keterangan al-Qadhi Iyadh, Al-Qadhi Iyadh ra mengatakan, "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyukai paha kambing, karena mudah dimasak dan mudah dicerna, disamping lebih lezat dan lebih steril dari risiko penyakit. (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 3/65).

Dari hadist ini bisa disimpulkan bahwa Rasulullah SAW menyukai daging kambing namun tidak seluruh bagiannya. Jika dilihat dari sisi kesehatan, bagian paha kambing ternyata memiliki nutrisi yang lebih sehat dibandingkan bagian lainnya.

Bagian paha kambing merupakan bagian paling baik untuk dikonsumsi karena mengandung sedikit lemak. Protein pada kambing terdistribusi merata pada seluruh bagian daging. Selain tinggi protein, paha atas juga paling sedikit kandungan lemaknya.

Sementara bagian perut, kaki, iga dan jeroan kambing memiliki kandungan lemak yang tinggi. Terutama pada bagian jeroan kambing yang berpotensi mengundang berbagai masalah kesehatan. Jeroan dari kambing seperti babat, usus, paru hingga limpa kambing memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Pasien dengan masalah kolesterol, darah tinggi dan asam urat sangat tidak disarankan mengonsumsi bagian jeroan ini.

Paha kambing  juga memiliki tekstur yang empuk dan mudah diolah menjadi berbagai masakan. Bagian paha kambing cocok dimasak dengan cara dipanggang ataupun diolah menjadi gulai.

Sumber detikfood.com


Tags :

Bagikan ke :
Bagikan ke :