×
Pusat Kajian Produk Halal UNMA Banten memiliki aplikasi android pecarian produk yang sudah bersertifikat halal. silakkan di download Apk Android PKPH

Pesan Dakwah: Ramadhan Bulan Iktikaf

(PKPH, Makasar)-Saat ini banyak masjid membuat program i'tikaf. Ibadah yang mulia  di 10 malam terakhir Ramadhan ini semakin banyak penggemarnya. I'tikaf diartikan berdiam di masjid beberapa waktu dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Sebenarnya walaupun hanya tinggal sebentar (sesaat) di masjid yang diniatkan maka itu sudah terhitung i'tikaf. Hanya memang i'tikaf di 10 malam teralhir yang menetap full dianggap yang optimal. 

Bulan Ramadhan adalah bulan i'tikaf karena ibadah sunnah ini di 10 malam terakhir. I'tikaf sebenarnya dianjurkan setiap kita ke masjid. Pahala yang disediakan antara lain adalah dihitung seperti orang yang shalat terus menerus dan didoakan oleh para malaikat. Orang beri'tikaf adalah pencinta masjid dan akan mendapat perlindungan di Padang Masyhar yang tentu dijamin surga. 

Sayangnya, belum banyak yang paham tentang ibadah ini. Bahkan karena ketidaktahuan banyak yang tidak pernah berniat sedikipun untuk ibadah yang mulia ini walaipun mereka sering ke masjid. Padahal i'tikaf bisa dilakukan di luar Ramadhan dan tidak harus tinggal menetap 24 jam. Pemahaman yang baik tentang ibadah ini akan menjadikan seorang muslim mencintai masjid dan merasakan kebahagiaan di dalamnya. 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Qad aflahal mu'minuun, alladziinahum fii shalaatihim khaasyi'uun, walladziinahum 'anil laghwi mu'ridhuun (QS Al-Mu'minuun 23:1-3). Artinya: Sungguh beruntung  (berbahgia) orang beriman yaitu orang- yang khusyuk dalam shalatnya dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna. 

NIATKAN SETIAP KE MASJID UNTUK I'TIKAF WALAUPUN SESAAT AGAR BAHAGIA DENGAN IBADAH.

Pesan Dakwah 24 Ramadhan 1442H
By: Prof. Veni Hadju 


Tags :

Bagikan ke :
Bagikan ke :