×
Pusat Kajian Produk Halal UNMA Banten memiliki aplikasi android pecarian produk yang sudah bersertifikat halal. silakkan di download Apk Android PKPH

Sukseskan Muktamar Mathla’ul Anwar Ke-XX, PKPH Unma Banten Launching Jurnal Halal Internasional IJMA

(PKPH, Pandeglang)-Pusat Kajian Produk Halal (PKPH) Universitas Mathla’ul Anwar Banten meluncurkan  wadah publikasi bagi para akademisi, praktisi, dan mahasiswa berupa Jurnal  ilmiah halal  internasional (International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues: IJMA, http://journal.halalunmabanten.id/index.php/ijma/)  yang akan dilaunching pada April tahun 2021,  bertepatan dengan pelaksanaan Muktamar Mathla’ul Anwar  ke –XX, di Bogor.  Jurnal yang baru dirintis ini berada dibawah naungan Mathla’ul Anwar yang merupakan salah satu organisasi Islam besar di Indonesia,  berdiri pada tahun 1916 M yang kini telah memiliki Perwakilan Wilayah lebih dari 30 provinsi di Indonesia, dan Perwakilan di Luar negeri.

Jurnal  halal dengan nama International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues (IJMA), diterbitkan dengan tujuan untuk  menebarkan cahaya kedamaian dan ketentraman hati  bagi sesama, berperan aktif dalam membangun ekosistem halal di Indonesia, mendukung Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia. IJMA telah secara resmi mendapatkan nomor ISSN: 2775-6157(International Standard Serial Number) online oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai langkah dalam legalisasi jurnal ilmiah halal yang bermutu.

Description: C:\Users\GLOBAL COM\Downloads\IMG-20210121-WA0080 (1).jpg

IJMA adalah jurnal yang berfokus pada  bidang halal serta masalah-masalah yang melingkupinya, dengan fokus dan ruang lingkup  meliputi: Halal Food, Halal  Agriculture, Halal Raw Materials, Halal Process and Processing, Halal Management, Halal Law, Halal Economic Studies, Halal Products, Halal Tourism, Halal Logistics, Halal Slaughtering, Halal Medicine, Sharia Hotel, Sharia Banking, Pharmacy, Biology, Medicine, and Cosmetics. Jurnal halal  IJMA mencakup  berbagai bidang keilmuan, bukan hanya terbatas pada ilmu-ilmu bidang: sains, farmasi,teknologi, rekayasa, namun juga mencakup keilmuan bidang: agama, sosial, budaya,  ekonomi, hukum, kuliner, etnografi, pariwisata, keuangan dan perbankan.   

Jurnal IJMA didukung dengan layanan sistem Open Journal System (OJS) 3 yang memudahkan  dalam melacak rekam jejak artikel secara digital. Jurnal halal  IJMA memiliki tampilan beranda yang user friendly untuk memudahkan para peneliti dalam melakukan kunjungan jurnal, termasuk  dalam proses submit artikel, hal ini disebabkan IJMA memiliki aturan template yang sederhana,  familiar, yang dapat dipahami dengan mudah baik oleh para peneliti,  akademisi, praktisi, maupun mahasiswa. Kemudahan lain yang ditawarkan  jurnal halal IJMA adalah proses review bagi para penulis yang melakukan revisi, yang tidak memerlukan proses waktu yang panjang, melainkan dibuat simpel dan mudah, hal ini dimaksudkan untuk memberikan layanan terbaik bagi para peneliti.

Jurnal IJMA memiliki target terakreditasi secara nasional dengan peringkat SINTA 2. Untuk mewujudkan hal tersebut, tim jajaran editor melakukan langkah-langkah strategis seperti menarik tim reviewer yang berkompeten dari berbagai macam perguruan tinggi terbaik di tanah air, dan  tim reviewer yang berasal dari luar negeri. Saat ini IJMA telah terindeks Google Scholar dan akan diupayakan ditingkatkan secara berkala dengan melakukan indeksasi yang lebih tinggi seperti indeks Crossref, EBSCO, Garuda, Base, Onesearch, Academia, dan lain-lain.

Jurnal IJMA juga berupaya menjajaki kerjasama baik di tingkat nasional maupun internasional, diantaranya kerjasama publikasi ilmiah dengan Universitas Yarsi pada region nasional, dan upaya kerjasama dengan peneliti dari negara Malaysia, Singapura, dan Thailand pada regional Asean.  

Penulis: Dody Riswanto (Tim Editor Jurnal Halal IJMA)


Tags :

Bagikan ke :
Bagikan ke :