×
Pusat Kajian Produk Halal UNMA Banten memiliki aplikasi android pecarian produk yang sudah bersertifikat halal. silakkan di download Apk Android PKPH

Pesan Dakwah: Puasa Sunah

(PKPH, Makasar)-Hari ini adalah Puasa Asyuura 10 Muharram. Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah. Para ahli sudah membuktikan manfaat puasa sunnah dalam menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit. Mereka yang terbiasa puasa sunnah, apakah itu puasa Senin Kamis, Yaumil Bid (puasa 3 hari berturut-turut di pertengahan bulan Hijriah), atau puasa Daud (sehari berbuka sehari puasa), umumnya sehat dan jauh dari penyakit.

Puasa tentu diniatkan bukan untuk sehat, karena amal yang diterima hanya niatnya untuk penyembahan diri kepada Dia semata. Sama seperti wudhu, shalat, membaca Al-Qur'an dan ibadah lainnya. Walaupun berbagai studi melaporkan manfaatnya terhadap kesehatan namun niat utama adalah ketaatan dengan harapan memperoleh rahmat dan petunjuk dari-Nya. Ini yang membedakan orang beriman dan orang yang kufur kepada Sang Pencipta.

Allah menjadikan semua ibadah ini mudah dan nikmat bagi kita. Allah tidak menghendaki kesulitan. Puasa tidak diperintahkan bagi yang sakit atau yang dalam perjalanan jauh. Bagi yang terhalang berwudhu bisa tayamum. Bagi yang tidak bisa shalat berdiri, bisa duduk, berbaring, atau bisa hanya dengan gerakan bola mata saja kalau seluruh anggota tubuhnya tidak bisa digerakkan. Bahkan ibadah dzikir dan ibadah hati dapat dilakukan pada kondisi apapun. Semua mudah dan nikmat.

Maha Benar firman Allah: yuriidullaahu bikumul yusra walaa yuriidu bikumul usra. (QS Al-Baqarah 2:185). Artinya: Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.

MARILAH BERPUASA SUNNAH, KARENA ADA NIKMAT DAN RAHMAT ALLAH DI DALAMNYA.

Pesan Dakwah 10 Muharram 1442H
By: Prof. Veni Hadju


Tags :

Bagikan ke :
Bagikan ke :