×
Pusat Kajian Produk Halal UNMA Banten memiliki aplikasi android pecarian produk yang sudah bersertifikat halal. silakkan di download Apk Android PKPH

FSFK Unma Banten dan Alabama Indonesia Lestari Jajaki Kolaborasi Program Konservasi Berkelanjutan

(PKPH, Pandeglang)- Fakultas Sains Farmasi dan Kesehatan Universitas Mathlaul Anwar (FSFK-UNMA) Banten dan Yayasan Alabama Indonesia Lestari melakukan pertemuan guna membahas prospek kegiatan pelestarian alam di Provinsi Banten,  (7/4). Pertemuan diinisiasi oleh Yayasan Alabama indonesia Lestari dan disambut baik oleh FSFK UNMA Banten,  sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki Program Studi  Biologi murni di Indonesia.

Dekan FSFK Lambang Satria Himawan menyebutkan,  peran akademisi sangat strategis dalam upaya  Konservasi di dalam kawasan dan luar kawasan konservasi, peran kampus dapat berupa kajian, pendidikan lingkungan hidup, dan pengabdian masyarakat .

"Sebagai kampus memikiliki Program Studi Biologi murni,  kita juga ingin berkontribusi besar dalam upaya konservasi di wilayah kita (banten), " ucap lambang. FSFK UNMA Banten  siap membantu dan mendorong mahasiswanya untuk berkegiatan dan melakukan studi yang diharapkan berimplikasi langsung terhadap upaya konservasi di Banten dan Indonesia, "Program Studi Biologi kami juga memiliki visi dan misi terhadap konservas dan pengengelolaan Sumber daya alam,  namun saat ini kendala kami belum memiliki relasi terhadap kawasan-kawasan konservasi, " imbuhnya.

Sebagai upaya strategis menurut lambang,  perlu ada upaya penyatuan visi antara akademisi, praktisi lingkungan juga pemerintah, dan pertemuan dengan lembaga non provit (CSO) Alabama Indonesia menjadi bagian dan tahap awal dari upaya keterlibatan FSFK UNMA Banten dalam program konservasi alam yang berkelanjutan.  "kami berharap kedepan bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan Alabama untuk program-program pelestarian alam, " pangkasnya.

Sementara itu,  Wakil Dekan II FSFK UNMA, Hadi Susilo menyambut baik rencana kolaboratif antara UNMA dan Alabama Indonesia, menurutnya NGO mempunyai peluang pendanaan yang besar untuk kegiatan konservasi, dan kampus memiliki potensi SDM untuk mendukung kegiatan program Studi dan voulenteering.

"Alabama dapat menjadi mitra bagi FSFK UNMA Banten  dalam bidang Human development agar mahasiswa dapat mempelajari dan mempraktekan ilmu yang mereka dapat di kampus langsung di lapangan," ujar Hadi pada kesempatan yang sama.           

"Alabama dapat menjadi tempat belajar dan praktek mahasiswa Program Studi biologi yang ia pimpin. Bahkan Hadi mengajak Alabama untuk ikut bergabung dalam wacana pembuatan   stasiun pengamatan mangrove," imbuhnya.

Guna mendukung SDM yang berkualitas, FSFK UNMA Banten juga menawarkan program beasiswa untuk masyarakat yang memiliki minat untuk mempelajari biologi.

Direktur Yayasan Alabama Indonesia,  Yosep Aulia Rahman menyambut antusiasme  dari FSFK UNMA Banten,  menurutnya sinergitas antara NGO lokal dan kampus yang berdomisili di Banten. "FSFK UNMA Banten harus bisa menjadi salah satu kampus yang berkontribusi dalam upaya konservasi  di Banten,  karena sedikit sekali kampus yang memiliki  Program Studi Biologi murni di banten, " ungkapnya.

Menurutnya, FSFK  UNMA banten  memiliki potensi  besar untuk menjadi salah satu pengelola wilayah - wilayah konservasi di Banten."Di kita itu ada TNUK,  disana ada banyak satwa yang masuk dalam endanger spesies dan menjadi salah satu potensi untuk unma sebagai objek studi dan program pendidikan kampus, " pungkasnya. (003/Y/A)


Tags :

Bagikan ke :
Bagikan ke :