×
Pusat Kajian Produk Halal UNMA Banten memiliki aplikasi android pecarian produk yang sudah bersertifikat halal. silakkan di download Apk Android PKPH

Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Firman Allah dalam Al Qur’an,: ‘Demi fajar, dan demi malam yang sepuluh. (QS Al- Fajr : 1-2). Ibnu Rajab menjelaskan, “malam yang sepuluh” maksudnya adalah sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah. Pada ayat kedua Surat Al-Fajr, Allah bersumpah dengan menyebut sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Ini menunjukkan keutamaan sepuluh hari tersebut.

Karena itulah, amal kebajikan yang dilakukan dalam 10 hari pertama bulan Dzulhijjah menjadi amal yang sangat dicintai Allah. Melebihi amal shaleh yang dilakukan di luar batas waktu itu.

Hal ini seperti disebutkan di dalam hadits:“Tidak ada hari di mana suatu amal shalih lebih dicintai Allah melebihi amal shalih yang dilakukan pada sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah? Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menjawab, “Termasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati syahid dan hartanya diambil musuh).” (HR Bukhari).

Beberapa amal kebaikan yang dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah di antaranya, memperbanyak puasa dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijah, terutama Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, memperbanyak bertakbir, bertahlil, bertasbih, bertahmid, beristighfar, dan berdo’a.

Khusus Puasa Arafah, tangal 9 Dzulhijjah, dapat menghapus dosa dua tahun, seperti disabdakan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:“Puasa Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).

Amalan utama lainnya adalah Shalat Idul Adha (10 Dzulhijjah), berqurban (tanggal 10, 11, 12 hingga 13 Dzulhijjah). Amalan yang paling besar adalah menunaikan ibadah haji ke Baitullah bagi orang yang mampu menunaikannya. Ibadah haji inipun berlangsung pada bulan Dzulhijjah.

Semoga kita dapat memanfaatkan peluang meningkatkan ibadah dan amal-amal kebaikan pada kesempatan sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah tahun ini. Aamiin.

Oleh: Ust. Ali Farkhan Tsani, Pengasuh Ma’had Tahfidz Nurul Jannah Al-Bantani Ujung Kulon, Pandeglang, Banten


Tags :

Bagikan ke :
Bagikan ke :