×
Pusat Kajian Produk Halal UNMA Banten memiliki aplikasi android pecarian produk yang sudah bersertifikat halal. silakkan di download Apk Android PKPH

Pesan Dakwah; Stunting (bagian ke-26)

(PKPH,  Makasar)--Setelah berpuasa selama sebulan, dapat apa? Banyak yang kembali ke rutinitas. Masuk kantor seperti biasa, ada yang kembali sibuk dengan jualan, pasar dan mall tetap ramai dikunjungi orang. Anak sekolah siap-siap ujian kenaikan kelas sedangkan mahasiswa sibuk dengan tugas akhir semester. Tentu, Tim Penanggulangan Stunting di setiap daerah telah menyusun strategi untuk kembali aktif di lapangan, apa yang harus dilakukan agar penurunan stunting terlihat nyata di lapangan.

Manusia selalu merasa dirinya sibuk dan tanpa lelah ingin menggapai keinginannya. Mereka  berhenti sebentar dan kembali bekerja lagi. Itu terjadi terus menerus tanpa ada perubahan yang berarti.  Itu pula yang terlihat setelah Ramadhan. Kembali seperti semula.  Bukankah Ramadhan adalah bulan pelatihan atau training? Bukankah selama sebulan ada proses pembelajaran? Bukankah selama sebulan ada kontrol diri.....namun.kenapa tidak berubah? Berubah memang butuh hidayah Allah. Berubah memang perlu paksa diri. Berubah memang harus disertai dengan doa dan tekad yang kuat.

"Allahumma ya Allah, setelah Ramadhan ini kami mau berubah. Kami betul-betul akan berupaya untuk  melihat kondisi anak-anak yang lebih baik. Kami ingin melihat ada  penurunan  angka stunting di lapangan.  Kami tahu, ada banyak hambatan untuk berubah. Kami sadar atas kelemahan kami.  Dengan berkah Ramadhan ini, kami memohon kepada-Mu agar Engkau menunjukkan kepada kami mana yang terbaik yang dapat kami lakukan, apa upaya yang harus diprioritaskan, dan kemana potensi harus kami arahkan?  Mohon petunjuk-Mu, ya Allah."

Surat Ar-Ra'd (13) Ayat 11

لَهُۥ مُعَقِّبَـٰتٌۭ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍۢ سُوٓءًۭا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

RASAKAN GETARAN PERUBAHAN PASCA RAMADHAN DALAM UPAYA PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING.


Tags :

Bagikan ke :
Bagikan ke :