×
Pusat Kajian Produk Halal UNMA Banten memiliki aplikasi android pecarian produk yang sudah bersertifikat halal. silakkan di download Apk Android PKPH

Pesan Dakwah: Stunting (bagian ke-6)

(PKPH, Makasar)--"Kapan waktu terbaik mencegah stunting?" Pertanyaan ini muncul dari seseorang teman yang aktif sebagai relawan untuk kaum dhuafa.  Kebetulan, saat presentasi saya menjelaskan penyebab stunting yang bisa muncul akibat kekurangan gizi saat remaja, prakonsepsi, atau saat janin dalam kandungan. Saya mencoba menjelaskan asal muasalnya manusia yang dimulai dengan pertemuan sel sperma dan sel ovum. Para ahli telah sepakat bahwa status gizi calon pasangan sebelum memasuki pernikahan mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan dan saat masa pertumbuhannya. Itulah sebabnya masa sebelum hamil dianggap waktu terbaik dalam pencegahan stunting walaupun hal ini masih terus dikaji.

Kita juga sudah akrab dengab istilah 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) yang disebut dengan golden period (periode emas) dalam pencegahan stunting. Perhatian kepada ibu hamil atau selama 270 hari plus masa anak dua tahun pertama atau 730 hari adalah yang utama. Dalam masa 1000 HPK ini pertumbuhan organ tubuh terjadi dengan cepat dan permanen. Kekurangan gizi pada masa ini memberikan dampak yang tidak bisa diperbaiki lagi di masa sesudahnya. Dengan demikian masa ini dinilai sangat penting untuk investasi kualitas SDM suatu negara termasuk dalam upaya penurunan stunting.

Pencegahan stunting memang diperlukan saat bayi lahir sampai berusia dua tahun. Keseriusan kita menyadarkan para ibu untuk memberi HANYA ASI (eksklusif) pada enam bulan pertama dan mempertahankan sampai dua tahun sangat diperlukan. Praktek pemberian ASI masih sangat lemah di sebagian kelompok masyarakat.  Mereka enggan menyusui bayinya karena tidak paham akan tingginya kandungan berbagai zat gizi dan bahan aktif lainnya pada ASI. Padahal, tidak ada satu pun pakar gizi yang melihat ada susu formula yang bisa menyamai ASI. Setiap ada yang ingin mengeksplorasi kandungan ASI maka  mereka selalu menemukan ada saja kehebatan pada ASI.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Walwaalidaatu yurdhi'na aulaadahunna haulaini kaamilaini liman araada ayyutimmar radhaa'ah (Al-Baqarah 2:233). Artinya: Dan ibu-ibu hendakkah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna.

MEMBERI PERHATIAN YANG OPTIMAL SAAT PERIODE EMAS ATAU SEBELUM PERNIKAHAN ADALAH SANGAT PENTING DALAM PENURUNAN STUNTING.

Pesan Dakwah 17 Safar1444H
By: Prof. Veni Hadju (Abu Fauzan)


Tags :

Bagikan ke :
Bagikan ke :